Halaman

Sabtu, 01 Desember 2012

Waktu

"Waktu adalah pembunuh kesempatan. Tak terulang, dan terbuang. Hanya memori yang ternikmat, dalam hidmat putarannya."

prase yang tergumam beberapa bulan yang lalu. iya, siapa tak kenal dengan waktu? siapa tak merasakan kehadiran waktu? adakah di antara kita tak bersentuhan dengan waktu?

waktu adalah salah satu penciptaan Sang Maha yang paling berperan dalam hidup ini. waktu diciptakan untuk menentukan kapan hidup dan mati semua yang bernyawa. waktu memberi sentuhan tak kasat mata, membuat semua yang bernyawa seakan tertekan. waktu menghantarkan semua yang bernyawa berada pada sisi lain dari hidup. seakan kembali, seakan berputar terbalik, seakan memberi kesempatan lagi, dan seakan manamparmu untuk tersadar. bahwa, ini adalah sekarang, ini adalah masa depan, dan ini adalah masa lalu.

Pembunuh. itulah kata yang melambangkan kekejaman waktu. merasa terhakimi, merasa terdustai. sadarkah, akan kemana ini semua? waktu jugalah yang akan membawa pada semua jawaban-jawaban yang belum terjawab. memberimu ketidakpastian di masa depan, memberimu banyak bayangan di masa lalu. akan adakah yang terulang, akan adakah yang terbuang?

sungai mengalir dengan satu arah. dari hulu ke hilir. dengan penuh keyakinan, tak berbalik haluan, melalui setiap perjalanan air. hingga akhirnya sampai ke hilir. begitupun waktu, dan sebagaimana makhluk hidup, mengikuti perjalanan waktu, dari kelahiran hingga kematian.

akan terasa begitu pedih, untuk semua yang bernyawa. saat waktu membunuh semua kesempatan. namun, kata "pembunuh" hanya dirasakan untuk makhluk yang tak tahu akan bagaimana menghadapi waktu. merasa semua yang terbaik itu ada di masa lalu. dan tak menghargai masa depan.

tenangkan hati, dan ingat baik-baik. siapa yang yang menciptakan waktu? siapa yang mengendalikan waktu? tentu TUHAN-mu. adalah Sang Maha, yang menentukan kuasa. menghadirkan bebagai kenangan, bayangan akan masa depan, dan kegelisahan saat ini. kembalilah... sadarkan, sekuat apapun, setiap yang bernyawa pasti akan terkalahkan oleh waktu. 

maka, lakukanlah... diami hatimu, bukan pikirmu. apa yang akan dilakukan untuk mengalahkan waktu?...TIDAK ada. waktu tak bisa terkalahkan. namun, berdamailah dengannya, dan bersyukurlah kepada (ALLAH SWT) atas setiap waktu yang dilalui, untuk menjadikan hari ini lebih baik dari hari sebelumnya.

agar kemudian...

"waktu adalah sahabat kesempatan. akan terulang, dan tersimpan. nikmati memori, dalam hidmat putarannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar